Kamis, 28 April 2016

Cara Mengatasi kutu ikan Mas Koi dan Mas Koki



Hi… Guys

Ini Postingan Pertama Saya, Kali Ini Ringo Aquarium akan membahas pengalaman saya sedikit tentang Kutu Ikan Koi dan Koki.

Semoga Bermanfaat
Kisah ini berawal dari kebiasaan ku membeli ikan baru dari Pinggir Jalan (bukan toko). Awalnya semua ikan di dalam akuarium ku baik-baik saja dan normal-normal saja tanpa ada masalah selama kurang lebih 3 bulan.
Selain membeli ikan sembarangan saya juga sering memberi ikan pakan hidup seperti cacing sutra dan juga cacing merah darah.
Namun tanpa di sangka-sangka dan tanpa di duga-duga tiba-tiba saya melihat penampakan seperti ada yang menempel  di tubuh ikan koi dan ikan koki ku

Oh iya, isi tank akuarium saya waktu itu kurang lebih seperti berikut:


Karena termasuk newbie dalam dunia perikanhiasan dan dunia perakuariuman dan dunia perikankoian maupun dunia perikankokian, awalnya saya tidak tau apa yang menempel di tubuh ikan saya itu. (yang menempel itu ada dua jenis) Yang jelas Ciri-cirinya seperti berikut:

Ciri yang satu
  • Warnanya hjau
  • Bentuknya seperti anak kura-kura

Ciri yang satunya lagi
  •   Warnanya putih
  •   Betuknya panjang seperti jarum

Awalnya saya diamkan saja karena tidak tahu menahu tentang itu, tapi setelah esok harinya saya pun terkejut lagi karena benda hijau tersebut berpindah dari ikan koki ke ikan koi. Dan langsung saja saya berselancar di dunia fana  ehh ralat dunia maya maksudnya.

Langsung saja saya mendapatkan jawabannya bahwa benda hijau tersebut adalah kutu Kura-kura (argulus)


Dan benda yang warna putih dan bentuknya panjang seperti jarum itu namanya kutu Jarum atau kutu jangkar. (Anchor Worm)

  
Setelah lama berselancar saya banyak menemukan beberapa saran dan cara dari beberapa sumber yang kemudian saya terapkan satu per satu

Mulai dari mencabut secara manual, menambahkan bubuk abate, bawang putih, garam ikan, lebasit, Kutublas, sampai menambahkan beberapa ikan pemakan kutu seperti ikan Sumatra, ikan layang dan ikan barbir.

Berikut pengalaman saya menerapkan cara diatas

Mencabut Secara manual
Awalnya kutu yang menempel saya cabut mengguakan kuku namun keesokan harinya kutu tersebut muncul lagi dan saya pun menilai cara ini tidak efektif. Akhirnya lanjut ke cara berikutnya

Menambahkan Bubuk Abate
Bubuk abate ??????
Yap benar bubuk abate adalah bubuk yang digunakan untuk membunuh jentik-jentik nyamuk, saya membelinya 2 sachet. Setelah membaca petunjuk penggunaanya saya menggunakan sesuai takaran. Oh iya ukuran tank akuariumnya 70x35x50 saya gunakan 1 sachet. Saya tunggu sekitar 4 jam dan kutunya masih menempel. Karena tidak sabar akhirna bubuk abate yang kedua saya tambahkan secara perlahan sampai habis. Dan hasilnya juga nihil.

karena mungkin dosisnya kebanyakan akhirnya korban pun berjatuhan, ke esokan harinya ada ikan yang mati dan dugaan sementara bukan karena kutu tetapi karena pengobatan yang terlalu extrim.

Menambahkan bawang putih
Saya mencoba cara berikutnya yaitu menambahkan bawang putih. Saya memasukkan 1 biji bawang putih yang sudah di keprek atau di tokok tapi tidak terlalu halus kedalam tank.

Hasilnya juga nihil + baunya pun minta ampun         dan ruang tamu pun jadi bau heheheheh

Menambahkan garam ikan
Saya mencoba cara berikutnya yaitu menambahkan garam ikan. Karena sebelumnya juga telah rutin menggunakan garam ikan yaitu sekitar 0.3% namun karena kutu masih tetap ada saya pun menambahkan garam ikan dengan konsentrasi tinggi sampai air terasa asin.

Dan Hasilnya pun Nihil, kutu tetap menempel

Menggunakan Lebasit
Lebasit adalah obat-obatan pertanian  wkwkwkw
Info ini saya dapat dari penjual ikan di pasar malam di kota balige dan ketika diskusi tentang kutu ikan, dia pun memberi saran agar menggunakan lebasit, tetapi karena aturan pakainya tidak jelas, saya akhirnya mengurunkan niat saya karena takut resikonya terhadap ikan.

Menambahkan ikan pemakan kutu
Berdasarkan info yang saya dapatkan, ikan pemakan kutu ada 3 macam yaitu :

1. Ikan layang layang atau angel fish

2. Ikan Sumatra
        
      3.  Ikan barbir

Setelah mengetahui ikan layang dapat memakan kutu ikan, saya pun menggabungkan ikan layang yang kebetulan sisa Satu.
Baru di gabung satu hari Tiba-tiba saja keajaiban terjadi
Kutu jarum yang menempel pada ikan koki saya tiba-tiba menghilang...(senangnya)

Namun pada esok harinya saya pun terkejut lagi, memang kutu pada ikan koi dan koki telah hilang akan tetapi si angel fish nya yang sekarang terserang kutu jarum   (huuuft….sedih)

Saya pun berfikir mungkin karena si angel fish nya sendirian akhirnya saya berniat mencari temannya yang 2 lagi yaitu si ikan Sumatra dan si ikan barbir. Namun karena ikan tidak langsung dapat sementara si angel sudah kasihan, akhirnya saya berinisiatif untuk mencabutnya secara manual.

3 hari setelah mencari akhirnya saya pun menemukan si ikan yang  2 lagi kemudian semua saya gabung dalam satu tank. Hasilnya semua ikan hidup rukun dan damai dan yang paling penting adalah BEBAS KUTU

Dan inilah akhir dari percobaan ku selama ini, mungkin jika ini tidak juga berhasil, kemungkinan besar obat lebasit akan saya uji coba, dan tentunya resiko pun akan besar.

Menggunakan Kutublas
Kutublas adalah produk yang khusus untuk membasmi kutu ikan
Namun jika tidak sesuai takaran, akan sangat berbahaya bagi ikan
Produk ini belum saya uji coba karena masalahnya telah selesai  jadi bagi yang mau mencoba, silahkan di coba dan ingat gunakan sesuai takaran.

Maka KESIMPULANNYA adalah menggunakan ikan pemakan kutu karena kinerjanya terbukti dan juga resiko kematian ikan pun sangat Minim

Sekian pengalaman saya guys, kalau ada pertanyaan sebelum kita mulai ujian, silahkan di tanyakan pada kolom komentar dibawah 


Mauliate


11 komentar:

  1. Bngt trm ksh infonya. Plg lengkap sejauh ni browsing.
    Sy agak kuatir efek pd tnman jk pk obat2an mencampur ikan koi dgn gurame n nila, krn awalnya sy niat ternak gurame + hidroponik (hidroponik n fogponics) jd 1 tumpang sari.

    BalasHapus
  2. Infonya lengkap dan bermanfaan, tp kalau manfish digabung sama koki mutiara apa gk digigit koki mutiaranya?

    BalasHapus
  3. Bang. Ikan koki gapp ya dugabung sama ikan sumatra. Saya coba gabungin. Knp yg ikn sumatranya ngejar2 ikan kokinya terus. Diserudup terus ikan kokinya sama ikan sumatra

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran ikan sumatra nya jgn sama atau lebih gede daripada ikan koki/koi nya

      Hapus
  4. Mau nanya itu ukuran ikan koinya seberapa gan? Aman gak kalau beda ukuran? Saya ada koi ukuran selengan di akuarium semi kolam, liat ini sempat niat naro ikan sumatra beberapa buat preventif, tapi dipikir2 lagi ukuran badannya jomplang banget, takutnya ikan sumatranya ketelen :")

    BalasHapus
  5. Thank info y....semoga berhasil buat kolam saya,krna sudah 23 ikan koi saya wafat,sediihhhh

    BalasHapus
  6. Mungkin saya lebih merekomendasikan ikan barbir yg lebih bersahabat ikannya, karna setau saya ikan sumatra dan ikan layang-layang/manfish tipikal ikan yg suka membully/teritori.. maaf klo salah🙏

    BalasHapus
  7. Menurut info yg petnah Saya baca,ikan patin jg bisa membasmi kutu pada Koi, bener ngak sih. Mohon infonya

    BalasHapus
  8. Ikan koki dan ikan koi sya juga mengalami hal yang sama,

    Mau saya coba, barang kali ikut berhasil, terimakasi infonya

    BalasHapus
  9. Saya susah mendapatkan lebasit, tolong infonya BG

    BalasHapus